Analisis Model Pembelajaran Berorientasi Kewirausahaan melalui Project Based Learning pada usia 5-6 tahun di TK Khalifah Baciro

Inayatul Maula

Abstract


Analisis Model Pembelajaran Berorientasi Kewirausahaan Melalui Project Based Learning Pada Usia 5-6 tahun di TK Khalifah Baciro”, Tesis. Yogyakarta: Program Magister (S2) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Ada tiga rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, pertama, mengapa diterapkan pembelajaran berorientasi kewirausahaan pada TK Khalifah Baciro; kedua, bagaimana implementasi pembelajaran berorientasi kewirausahaan melalui metode proyek; dan ketiga, dampak diterapkannya pembelajaran berorientasi kewirausahaan melalui metode proyek. Persoalan tersebut diangkat karena didasari oleh banyaknya pengangguran terdidik setiap tahunnya dikarenakan rendahnya wirausahawan di Indonesia dibanding dengan negara-negara lain. Berangkat dari masalah tersebut, pentingnya para praktisi pendidikan mempunyai inovasi baru untuk memberikan solusi dengan menerapkan konsep pendidikan yang berorientasi kewirausahaan sejak usia dini menggunakan metode-metode yang mendorong anak untuk aktif dalam menstimulus aspek perkembangannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik yaitu menggambarkan sumber data yang diperoleh melalui analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dan dideskripsikan sehingga dapat lebih mudah dipahami serta dapat ditarik kesimpulannya. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi yaitu menguji validitas data melalui pengecekan data, baik satu jenis data atau berbeda jenis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dasar pemikiran TK Khalifah berbasis entreperneurship, karena sebagai sarana menumbuhkan karakter kewirausahaan sejak dini yang berlandaskan pada kepribadian Nabi Muhammad Saw. (2) Proses pembelajaran kewirausahaan dengan metode proyek, diterapkan melalui beberapa sentra diantaranya; sentra tauhid, life skill, science, art, dan exercise, adapun melalui program unggulan TK Khalifah yaitu; market day, cooking class, field trip (3) Dampak dari penerapan pembelajaran berorientasi kewirausahaan dengan metode proyek diukur dari indikator core value entrepreneurship, nilai-nilai yang muncul pada diri anak diantaranya; mandiri, jujur, kreatif, inovatif, percaya diri, berani, dan tanggung jawab.


Keywords


Model pembelajaran, kewirausahaan, Project based learning

Full Text:

PDF

References


Aisah, Siti dan Heri Hidayat, Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD, Bandung: Arfino Raya, 2015.

Aliars Wahid, Mudjiarto, Membangun Karakter dan Kepribadian Kewirausahaan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016.

Antonio, Syafi’i, Muhammad Teladan Sukses Dalam Hidup dan Bisnis Muhammad Saw. The Super Manajer, Jakarta: Tazkia Multimedia & Pro LM Centre, 2007.

Arhando Julianto, Pramadia "Agustus 2017, Jumlah Pengangguran Naik Menjadi 7,04 Juta Orang",

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Bakhti, Wida, Upaya Meningkatkan Entrepreneurship Anak melalui Cooking Class Pada Kelompok B, Jurnal PG-PAUD Trunijoyo, Vol. 2, No. 2 Oktober 2015, hlm 76-149.

Barnawi dan Mohammad Arifin, School preneurship; Membangkitkan Jiwa dan Sikap kewirausahaan Siswa, Yogyakarta: AR-Ruzzmedia, 2012.

Hidayah, Choirul, Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Berbasis Pendidikan Tauhid dan Entrepreneurship (Penelitian TK Khalifah Gedong Kuning Yogyakarta),Tesis, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/06/153940126/agustus-2017-jumlah-pengangguran-naik-menjadi-704-juta-orang, diakses pada tanggal 26 November 2018.

Ibnu Badar al-Tabany, Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Prenadamedia Group, 2011.

Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Bahan Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum, 2010.

KoranSindo,https://economy.okezone.com/read/2018/03/08/320/1869496/jumlah-wirausaha-indonesia-baru-3-kalah-dengan-malaysia-hingga-singapura, diakses pada tanggal 18 Februari 2019.

Liputan 6, https://www.liputan6.com/bisnis/read/3216536/jumlah-wirausaha-ri-siap-kejar-malaysia, diakses pada tanggal 12 Februari 2019.

Montessori, Maria, Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

Permendikbud No. 146 Tahun 2014.

Rahimah. (2020). Jurnal Randwick International of Social Science. The Analysis of Fine Motor Skills and Early Childhood Creativity through Weaving Activities. 2(4), 585-587.

Rahimah. (2021). Jurnal International Journal Reglement & Society (IJRS). Children's Social Emotional Relationship to Digital Parenting. 2(2), 120-122.

Wibowo, Agus, Pendidikan Kewirausahaan, Konsep dan Strategi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.14885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id