Perancangan Mesin Penghancur Bonggol Jagung Untuk Pakan Ternak Sapi Dan Kambing Kapasitas 100 Kg/Jam

Nehemia Ratur Tarigan, Nurdiana Nurdiana, Iswandi Iswandi, Eswanto Eswanto, Mahyunis Mahyunis, supriadi supriadi, M.Kamil M.Kamil

Abstract


Mesin penghancur bonggol jagung yang direncanakan adalah berfungsi untuk menghancurka bonggol jagung kering menjadi partikel-partikel kecil yang berukuran 2 mm atau lebih kecil mengunakan mekanisme poros, pisau, bantalan, puli, dan motor disel sebagai pengerak.Dalam perecanaan mesin penghancur bonggol jagung kapasitas yang direncanakan adalah 100 kg/jam.Dengan maksud memanfaatkan bonggol jagung menjadi pakan tambahan untuk pakan ternak sapi dan kambing dengan proses yang yang cepat.Pada rancangan penghancur bonggol jagung memiliki konstruksi utama yang terdiri dari mekanisme penghancuran bonggol jagung yang bekerja secara rotary dengan mengunakan poros yang terbuat dari bahan S35S-D dengan panjang 510 mm,diameter 50 mm dan pisau penghancur yang terbuat dari bahan S35C dengan ukuran panjang 100 mm, tebal pisau 5 mm, gaya pnghancur bonggol jagung 108 kg dan mekanisme pengerak digunakan motor disel dengan putaran poros pengerak sebesar 2000 rpm. Sedangkan daya motor yang direncanakan untuk mengerakkan prangkat mesin penghancur bonggol jagung sebesar 16 Pk. Dari hasil perhitungan didapat daya total untuk motor pengerak sebesar 10,2kw dan untuk keamanan digunakan motor disel direncanakan adalah 11,936 kw = 16 Pk dengan putaran 2000 rpm.Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam merancang mesin perancang dapat menentukan komponen yang sesuai untuk digunakan dalam mesin penghancur bonggol jagung dan dapat melakukan perhitungan setiap komponen.


Keywords


Kata kunci: bonggol jagung, pakan ternak, ternak sapi dan kambing

Full Text:

PDF

References


Hanoto, 1981, Mekanika Teknik, PEDC Bandung.

Hartanto, Sugiarto, dan Sato Takeshi. 1992. Menggambar Mesin Menurut Standar ISO. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Joseph E. Shigley, Larry D. Mitchell, Ir. Gandhi Harahap M.Eng, 1984, Perencanaan Teknik Mesin, Edisi Keempat, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Khurmi, R.S dan Gupta, J.K, 1990, A Tex Book of Machine Design, Eurasia, Publishing ,New Delhi, India.

Sularso, Kiyokatsu Suga, 1997, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, PT. Paradnya Paramita, Jakarta.

Sugiarto, Sato Takesi, 1996, Gambar Mesin, PT. Paradnya Paramita, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30596/rmme.v2i1.3069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License

Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi  is abstracting & indexing in the following databases: 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Statcounter View My Stats RMME