Komunikasi Instruksional pada Kelas Akting Online Sanggar Ananda

Ari Usman, Devira Nafliyon, Wili ani

Sari


ABSTRAK

Proses pembelajaran yang terjadi di lembaga-lembaga pendidikan sebenarnya merupakan sebuah proses komunikasi, dimana pengajar berupaya menyampaikan pesan berupa materi ajar kepada siswa atau peserta didik. Komunikasi yang terjadi dalam konteks pembelajaran disebut dengan komunikasi instruksional. Proses komunikasi instruksional sendiri dapat terjadi pada lembaga pendidikan formal maupun non formal. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi instruksional yang berlangsung pada kelas akting online yang diselenggarakan oleh Sanggar Ananda pimpinan Aditya Gumay sebagai sebuah lembaga pendidikan non formal. Kajian dilakukan dengan memberikan perhatian pada aspek metode, media, serta hambatan komunikasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data secara triangulasi yang terdiri dari: observasi, wawancara mendalam, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi instruksional pada kelas akting online yang diselenggarakan oleh Sanggar Ananda telah berlangsung dengan baik. Metode instruksional yang diterapkan merupakan gabungan dari metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Adapun media instruksional yang digunakan adalah video materi akting serta grup whatsapp sebagai sarana interaksi antara siswa dengan pengajar.

Kata kunci : komunikasi, instruksional, pembelajaran


Teks Lengkap:

PDF (English)


DOI: https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.4620

Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi Indexed By:

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi

The Communication Studies, Faculty of Social and Political Science ( C Building), University of Muhammadiyah Sumatera Utara, Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238

e-mail : jurnalinteraksi@umsu.ac.id   Web: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi

Publisher: Umsu Press http://umsupress.umsu.ac.id

 

 Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi in Collaboration With: